Spiga

Sekedar pengetahuan umum Lanjutan II

Pelayaran berkeliling yang pertama tunggalJoshua Slocum ,lahir di Nova Scotia pada tahun 1844, menjadi warga negara Amerika dan seorang Kapten pada usai 25 tahun. Pada tanggal 24 April 1895, saat berusia 51 tahun, Slocum berlayar meninggalkan Boston dengan menggunakan sekoci miliknya, Spray dengan panjang 11 m (37 kaki), sebuah kapal tua untuk mencari kerang yang dia buat sendiri.
Slocum melintasi Atlantik menuju Terusan Suez. Di Gibraltar, dia diberitahu mengenai bajak laut di Mediterania. Jadi dia berlayar kembali melintasi Atlantik dan menuju ke pantai Brasil, melalui selat neraka Selat Magellan. Dia menghadapi arus yang mematikan, pantai berkarang dan laut yang ganas saat dia berlayar mengitari Australi, Tanjung Harapan dan saat melintasi Atlantik.
Pada tanggal 27 Juni 1898, lebih dari 3 tahun dan 74.000km (46,000 mil) kemudian, Joshua Slocum memasuki Newport, Rhode Island, sebagai orang pertama tunggal yang mengelilingi bumi. Dia menceritakan perjalanannya yang luar biasa dalam bukunya "Sailing Around the World".

Pengelilingan pertama dengan satu kali berhenti Kehormatan sebagai pengeliling dunia pertama tunggal diberikan kepada Francis Chichester (1902-1972). Di tahun 1966, Chicester yang berusia 64 tahun berlayar menggunakan Gipsy Moth IV dengan panjang 16 m (53 kaki) dari Inggris. Sistem kemudinya rusak saat berada 3700 km (2,300 mil) dari Australia. Segera setelah meninggalkan Sydney, Gipsy terbalik tapi berhasil memperbaiki keadaannya. Di sekitar Tanjung Tanduk, Chichester menghadapi gelombang setinggi 15 m (50 kaki). Tetapi dia bukan tipe orang yang cepat menyerah. Di tahun 1960 dia adalah pemenang perlombaan melintasi atlantik dengan hanya menggunakan satu tangan. Dia juga adalah orang pertama yang melakukan penerbangan tunggal jarak jauh dengan menggunakan pesawat terbang air (dari Inggris ke Australia). Pada tanggal 28 Mei 1967, setelah 226 hari di laut, dia disambut oleh setengah juta orang di Plymouth , Inggris.

Pengelilingan Tunggal Saat ini, pelayaran berkeliling dunia dengan satu tangan tanpa berhenti masih merupakan khayalan semata. Chay Blyth, dengan julukan "manusia besi" menjadi salah satu diantaranya saat dia berlayar melawan angin dari arah timur ke barat dengan menggunakan British Steel di tahun 1971, dan menyelesaikan perjalanannya dalam 302 hari. Dua tahun kemudian seorang Perancis Alain Colas dengan menggunakan berlambung tigaManureva berlayar mengelilingi 3 tanjung utama, dan hanya menghabiskan 129 hari untuk menyelesaikan perjalanannya.


Wanita pertama yang berlayar mengelilingi bumi adalah orang Inggris Lisa Clatyon. Dia menggunakan sebuah kapal yang panjangnya 11 m (38 kaki) dengan lambung terbuat dari besi, Spirit of Birmingham, dari Dartmouth, Inggris pada tanggal 17 September 1994, dan menyelesaikan perjalanan yang sangat meletihkan dalam 285 hari kemudian.


Jonathan Sanders mengelilingi dunia dengan satu tangan sebanyak lima kali sejak bulan Mei 1986 sampai Maret 1988, menempuh 128.000 km (80.000 mil). Pelayaran berkeliling telah menjadi kegemaran, as with the Whitbread race??. Kemudian seorang Perancis Philippe Jeantot mengemukakan gagasannya tentang suatu perlombaan pelayaran mengelilingi bumi dengan satu tangan tanpa berhenti.


Pertandingan-pertandingan Pada tahun 1982, sebuah perusahaan Inggris meluncurkan balapan satu tangan BOC Challenge mengelilingi dunia. Sekarang pertandingan itu dinamakan around alone, yang artinya : "Satu orang, Satu Kapal, Mengelilingi Dunia". Merupakan pertandingan yang terpanjang yang pernah ada di bumi untuk perseorangan dalam kategori olahraga apapun, menempuh jarak 43.000 km (27.000 mil) melalui samudra yang ganas dan tak bertepi. Garis akhirnya sama dengan sepanjang bumi itu sendiri. (Perlombaan berikutnya akan dimulai 26 Sept 2000.)
Dan kemudian muncullah "The Race" - suatu perlombaan tanpa aturan, tanpa batas, dan tanpa perhentian, mengelilingi dunia yang dimulai dari Selat Gibraltar pada tengah malam 31 Desember 2000. Tanpa aturan maksudnya adalah - hanya dibatasi oleh imaginasi dan teknologi.
Amerigo Vespucci, namanya diabadikan sebagai nama benua Amerika di tahun 1507.


Joshua Slocum, orang pertama yang berlayar mengelilingi bumi sendiri (1895-1898). Merencanakan sebuah perjalanan menyusuri Sungai Amazon, Slocum berlayar dari Vineyard Haven pada tgl 14 November 1909 tetapi kemudian hilang bersama kapalnya.


Di tahun 120 sesudah masehi pakar matematika Mesir dan astronom Ptolemy (Claudius Ptolemeus) menemukan sebuah angka proyeksi dimana daerah cembung pada permukaan bumi dapat dimisalkan dengan sebuah permukaan yang rata. Penemuannya diperkenalkan di Eropa di tahun 1406 dan dengan penemuan mesin cetak di tahun 1450 penemuannya dipublikasikan secara luas dan diterima oleh umum.


Perusahaan pelayaran Cunard Laconia memperkenalkan pelayaran pertama mengelilingi bumi di Laconia pada tahun 1922.
Tahukah anda bahwa semua jenis kucing yang ada berasal dari satu nenek moyang?
Apakah kucing itu mengeong atau mengaum, dia tetap saja turunan dari spesies Felis silvestris , yang dapat dikategorikan sebagai kucing liar Afrika, kucing liar Eropa dan kucing liar Steppe.
Jenis yang paling kecil adalah kucing berbulu bintik-bintik yang ditemukan di Sri Lanka. Ukurannya setengah ukuran kucing kampung. Sedangkan kucing yang terbesar adalah seekor harimau. Harimau jantan Siberia atau harimau Amur mempunyai panjang badan keseluruhan lebih dari 3m (10 ft) dan berat badan hingga 300kg (660 lb).


Singa adalah rajanya para kucing. Berbeda dari jenis kucing lainnya, tidak hanya dalam penampilannya saja, tetapi juga dari sifat hidupnya yang berkelompok. Seekor singa jantan berat badannya mencapai 225kg (500 lb) dan panjang badannya dapat mencapai hingga 3m (10 ft).


Kucing yang tercepat, cheetah, juga merupakan binatang daratan yang paling cepat larinya. Dapat mencapai kecepatan 95 km/jam (60 mph) dalam waktu singkat. Tidak seperti kucing lainnya, dia tidak mengaum melainkan bersuara melengking. Dan seperti kucing rumahan, dia juga mendengkur.

Kucing langka Memang jenis kucing kampung adalah yang paling banyak, tetapi ada juga jenis kucing yang sangat langka bahkan terancam kepunahan di muka bumi. Hanya terdapat sekitar 250 ekor kucing mirip musang di Malabar, Asia yang berjuang dari kepunahan. Kucing Iriomote, ditemukan di kepulauan Jepang Iriomotejima, dengan jumlah kurang dari 100 ekor.


OLAHRAGAWAN DENGAN BAYARAN PALING TINGGI
Para olahragawan top dunia sangat kaya, baik dengan cara mengikuti pertandingan maupun tidak. Disamping mendapatkan dana sponsor yang sangat besar, perusahaan asuransi pun menjamin mereka dengan sangat mahal untuk segala macam jenis cedera. Ketika Michael Schumacher mengalami cedera kaki pada saat kecelakaan di arena Formula-1 beberapa tahun lalu, dia mendapatkan tanggungan asuransi sebesar $3 juta per bulan. Ketika Michael Jordan mengundurkan diri dari arena olahraga, Schumacher masih tetap peringkat atas dalam mendapat bayaran paling tinggi di dunia olahraga. Jumlah nilai cek yang didapat per tahunnya diikuti oleh Tiger Woods dan Arnold Palmer. Berdasarkan majalah Forbes, Martina Hingis adalah olahragawan wanita yang paling tinggi bayarannya di dunia saat ini.

Negara yang paling kuat dalam cabang olahraga hocki di Olimpiade adalah India, Inggris Raya dan Belanda. Inggris Raya dan Belanda memenangkan 3 dan 2 medali emas secara berturt-turut. Bahkan India memenangkan 8 medali emas!
Rekor perolehan Medali Olimpiade dipegang oleh seorang atlit pesenam dari Soviet, yang bernama Larissa S. Latynina. Mengikuti pertandingan di 3 Olimpiade, antara tahun 1956 dan 1964, dia memenangkan 18 medail: 9 emas, 5 perak dan 4 perunggu. Dia juga berada pada peringkat atas peraih medali emas, mengalahkan bintang Olimpiade seperti atlit perenang Amerika Serikat Mark Spitz dan Finnish, juga pelari jarak jauh Paavo Nurmi.
Untuk pertamakalinya seorang pelari maraton wanita akan mewakili Amerika Serikat di Olimpiade: dia adalah seorang patologis berusia 37 tahun berasal dari Alaska yang berlatih hanya dengan menggunakan treadmil! Christine Clark memenangkan uji coba Olimpiade wanita dengan waktu 2 jam, 33 menit, 31 detik, lebih baik 7 menit dari rekor pribadinya. Sang runer-up Kristy Johnston dan Libbie Hickman merupakan wanita Amerika pertama yang berlari dibawah standar Olimpiade 2:33:00, tetapi berdasarkan undang-undang Amerika Track and Field, tak seorang pun dari mereka diperkenankan mengikuti Olimpiade di Sydney. Hal ini disebabkan sang ibu dari Christine Clark memenangkan semua uji coba pertandingan yang berat itu!

0 comments: