Spiga

Sekedar pengetahuan umum Lanjutan III

Radio ditemukan oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1896. Dia membuka pabrik radio yang pertama di Chelmsford, Essex, Inggris 3 tahun kemudian dan mengembangkan jaringan radio antara Inggris dan Perancis. Sebuah jaringan dengan Amerika Serikat dibangun pada tahun 1901. Saat ini ada lebih dari 33,000 pemancar radio di seluruh dunia, sedangkan di Amerika Serikat sendiri ada lebih dari 12,000 pemancar radio. Diperkirakan di seluruh dunia ada 2,24 milyar pesawat radio, atau satu radio untuk 2,5 penduduk dunia. Hal ini membuktikan bahwa video tidak dapat menghapuskan radio.
Inggris adalah negara yang paling tinggi per kapitanya dalam belanja musik di dunia, mencapai nilai 7,2% dari pasar musik dunia. Walaupun Amerika Serikat nilai perkapitanya lebih rendah dalam hal belanja musik, tetapi mempunyai andil sangat besar hingga mencapai 31.3%, clearly emphasising the importance of the US market for artists and publishers. Untuk meraih penghargaan gold disc, sebuah album harus meraih angka penjualan 100,000 buah di Inggris dan 500,000di Amerika Serikat.


Ketika Robbie Williams sedang ditantang oleh Liam Gallagher, Tom Jones malah dianugrahi penghargaan the Best British Male' pada acara The BRIT Award
Jadi anda pikir meng-download musik dari Internet adalah suatu teknologi yang canggih? Ternyata tidak. Memang benar bahwa Internet adalah teknologi yang masih baru tetapi ternyata musik dapat ditransmisikan melalui saluran telepon telah ada sejak tahun 1876.


Para artis menggunakan simbol daripada nama jauh sebelum Prince menggunakannya.
Berdasarkan "The Recording Industry In Numbers 1998" yang dibuat oleh Federasi Internasional Industri Rekaman, total penjualan dunia untuk musik lebih dari US$ 40 miliar. Hanya 5 perusahaan yang memgang sekitar 70% pasar musik dunia: BMG (Jerman), PolyGram (Belanda), Sony (Jepang), Time Warner (Amerika Serikat), dan Thorn EMI (UK) - [EMI dan Time Warner telah melakukan merger.]
"Cara pemilihan Grammy yang konservatif hanya menimbulkan kekonyolan. Banyak diantaranya - bila tidak boleh dikatakan semua -- dari rekaman terbaik selama 30 tahun terakhir yang gagal utk mendapatkan sebuah penghargaan Grammy"


Kashmir dijual dengan harga US$ 166 Di tahun 1819 Sikh Ranjit Singh menguasai Kashmir, tetapi akibat kerapuhan pemerintahannya maka kekaisarannya hancur dan jatuh ketangan Inggris pada saat Inggris mengambilalih Punjab di tahun 1846. Kashmir kemudian dijual kepada Maharaja Ghulab Singh (yang menobatkan dirinya sendiri) dari Jammu seharga 7.5 juta Rupee (sekitar US$ 166) dibawah Perjanjian Amritsar. Ghulab Singh juga menguasai Ladakh, Zanskar, Gilgit dan Baltistan dibawah kontrolnya. Dilanjutkan oleh para penerus Maharajah, yang ditandai dengan beberapa pemberontakan oleh rakyat Kashmir, yang sebagian besar saat ini adalah Muslim. Di tahun 1889 Maharajah Pratap Singh kehilangan kekuasaan administratif atas Kashmir akibat memburuknya kondisi pada daerah perbatasan. Inggris kemudian mengembalikan kekuasaan penuh kepada Dogra untuk memerintah di tahun 1921.
Sementara itu di India, pergerakan kemerdekaan semakin mendapatkan kekuatan dibawah kepemimpinan Mohandas Karamchand Gandhi. (Orang India menamakannya "Mahatma" yang berarti "Jiwa yang besar"). Seruan kemerdekaan segera menggema didaerah-daerah yang dikuasai para raja, terutama di Kashmir. Setelah sebuah pemberontakan masal terhadap Hari Singh di tahun 1931, Sheikh Mohammad Abdullah mendirikan partai politik pertama di Kashmir, Kongres Persatuan Muslim Jammu & Kashmir di tahun 1932. Di tahun 1934 Maharajah mengijinkan dan memberikan demokrasi yang terbatas dalam bentuk sebuah Dewan Legislatif . Pimpinan Muslim tertinggi di lembah Kashmir, Mirwaiz Maulvi Yusuf Shah, bergabung dalam Kongres, tetapi kemudian setelah nampaknya mendapatkan tunjangan bulanan dari Maharajah, Sheikh Abdullah beralih dari Kongres Muslim dan membentuk Kongres Nasional yang sekular di tahun 1939, terdiri dari golongan Hindu, Muslim dan Sikh.


Di bulan Mei 1999, terjadi serangan oleh kelompok Muslim yang didukung Pakistan yang mengakibatkan India melakukan serangan balasan di Kargil, Dras dan Batalik, tiga sektor yang paling strategis antara Srinagar dan Ladakh. Kondisi di lembah antara Dras dan sungai Suru dikelilingi oleh pegunungan, Ladakh berada pada ketinggian sekitar 2.100m (7.000ft), menjadikannya arena pertempuran paling tinggi di dunia.


Ladang pertempuran tertinggi didunia, Terletak pada ketinggian 2100 m (7000ft) di perbukitan Himalaya. Dengan jumlah populasi 12 juta manusia, 3 juta berada di daerah Pakistan. 60% beragama Islam dan sisanya Hindu, Sikh atau Budha.

0 comments: