Spiga

Sekedar pengetahuan umum

Filateli awalnya merupakan perwujudan "dengan kecintaan atas barang-barang bebas pajak?"
Pengiriman surat awalnya adalah bebas biaya. Biaya pengiriman ditanggung oleh sipenerima surat. Jika sipenerima surat menolak antaran surat tersebut, maka kerugian akan ditanggung oleh kantor pos. Pada tahun 1837, seorang kepala sekolah Inggris bernama Rowland Hill menyarankan sistem pra-bayar dalam suatu selebaran yang berjudul: "Reformasi Kantor Pos". Perangko yang pertama dijual pada tanggal 1 Mei 1840. Harganya 1 penny untuk perangko hitam, dan 2 pence untuk perangko biru, bergambar Ratu Victoria. Kata filateli sendiri mulai diperkenalkan pada tahun 1864. Kata filateli itu sendiri berasal dari 2 kata Yunani yang berarti "dengan kecintaan atas barang-barang bebas pajak".


Novel mempunyai reputasi sebagai hiburan ringan, kadang terkesan membosankan dan asal-asalan. Kesalahan akibat reputasi ini dibebankan pada kata 'novel' itu sendiri. Kata 'novel' berasal dari bahasa Latin 'novus', yang artinya 'baru'. Kemudian diserap menjadi bagian bahasa Inggris untuk menamakan sebuah cerita pendek (dari bahasa Itali), novella. Novella adalah sebuah prosa pendek yang biasanya berupa cerita baru, orisinil, dan sangat kontras dengan versi tradisionalnya.

Cerita di dalam novella memang dimaksudkan untuk menjadi sebuah kesenangan baru bagi para pembacanya. Biasanya sipembaca akan merespon, dan saat ini ada beberapa jenis novel: roman, agen rahasia, western, misteri, detektif, fiksi gotik, fiksi sains, novel sejarah, novel tentang tempat, novel psikologi, novel epistolari (dimana cerita biasanya dikisahkan melalui pertukaran surat), roman Ã* clef (membutuhkan sebuah 'kunci', atau informasi tambahan), novel pujaan, novel proletar, dan novel anti-modernisme.

Novel pertama
Cervantes , Gabriel GarcÃ*a Márquez, Rudyard Kipling, Ian Fleming, Alexander Solzhenitsyn, James Mitchener. Semuanya adalah penulis novel terkenal. Dan semuanya adalah pria. Tapi tahukah anda novel yang terkenal di dunia -- dan yang terbaik yang pernah ada pertamakalinya -- ternyata ditulis oleh seorang wanita bernama Murasaki Shikibu berkebangsaan Jepang pada tahun 1007.


Tahukah anda bahwa Gutenberg bukanlah penemu mesin cetak yang pertama?
Johannes Gutenberg selalu dianggap sebagai penemu mesin cetak di tahun 1454. Padahal orang Cinalah yang sebenarnya mencetak pada tahun 1040. Gutenberg tidak menyadari metode pencetakan ala org Cina tersebut.


Siapakah penemu penjepit kertas ?
Ketika Johann Vaaler mempatenkan penemuannya berupa penjepit kertas di tahun 1901, there already were similar designs on the books. William Middlebrook dari Waterbury, Connecticut mempatenkan rancangannya di tahun 1899. Cornelius Brosnan dari Springfield, Massachusetts mempatenkan Konaclip-nya di tahun 1900.
Lalu siapa yang pertama? Diperkirakan Johann Vaaler lah yang pertama. Menggambarkan rancangannya diawal tahun 1899, tapi karena Norwegia tidak memiliki Undang-undang hak cipta pada saat itu, maka dia harus mendaftarkan hak ciptanya di Jerman dan kemudian Amerika Serikat setahun kemudian.
Johann Vaaler lahir pada tanggal 15 March 1866 di Aurskog, Norwegia. Dikenal sebagai seorang penemu pada saat mudanya, dia lulusan bidang ilmu elektronik,sains,dan matematika. Dia sedang dipekerjakan oleh seorang pemilik kantor yang berkaitan tentang penemuan ketika dia menemukan ide tentang penjepit kertas pada tahun 1899.


Tahukah anda secangkir espresso kandungan kofeinnya lebih rendah dari secangkir kopi?
Secangkir kopi mengandung 115 milligram kafein, secangkir espresso (dan kopi tubruk/saring) mengandung sekitar 80 mg kafein, sedangkan kopi instan mengandung sekitar 65 mg kafein. Kopi de-kafein ternyata tidak bebas kandungan kafein, masih mengandung sekitar 3 mg kafein. Satu kaleng Coca-Cola mengandung sekitar 23mg kandungan kafein, Pepsi Cola 25mg, Mountain Dew 37mg, dan TAB 31mg. Teh mengandung sekitar 40 mg kafein, sedangkan satu ons coklat mengandung 20 mg.
Kopi adalah stimulan yang terkenal di dunia : 4 dari 5 orang Amerika meminum kopi, menghabiskan lebih dari 400 juta cangkir sehari. Di Skandinavia komsumsi kopinya lebih dari 12kg (26lb) per kapita. Dengan lebih dari 25 juta orang yang dipekerjakan di industri ini, kopi menduduki peringkat kedua terbesar dalam perdagangan dunia setelah minyak bumi.
Walaupun kopi diyakini telah tumbuh didekat Laut Merah sejak abad ke 7, seorang penulis Arab di abad ke 15, Shehabeddin Ben, menulis bahwa orang-orang Etiopia telah menikmati minuman kopi jauh lebih lama dari yang pernah diketahui orang.Pada abad ke-16, perkebunan kopi ditemukan di dataran Yaman, Arab. Setelah seorang dutabesar Turki memperkenalkan kopi ke pengadilan Raja Louis XIV pada tahun 1669, dengan cepatnya kopi menyebar ke bangsa Europa. Beberapa tahun kemudian, orang-orang Belanda memperkenalkan kopi ke pulau Jawa di Indonesia. Pada tahun 1714, seorang Prancis, Desclieux, membudidayakan kopi dengan cara menanamkan tangkainya di kepulauan Martinique. Perkebunan kopi kemudian merebak dari French Guiana ke Brazil dan Amerika Tengah. Saat ini perkebunan kopi telah berada diseluruh dunia. Kopi merupakan biji-bijian dari pohon jenis Coffea. Satu pohon kopi dapat menghasilkan sekitar 1kg (2lb) kopi per tahun. Ada lebih dari 25 jenis kopi, dengan 3 jenis utama yang paling terkenal adalah Robusta, Liberia dan Arabica, yang mewakili 70% dari total produksi.
Kafein dapat meningkatkan daya aspirin dan obat-obatan penghilang rasa sakit lainnya,itu sebabnya pada beberapa jenis obat unsur kafein ditambahkan. Ironisnya, kafein juga merupakan penyebab utama sakit kepala. Wanita yang meminum 2 cangkir atau lebih perharinya dapat meningkatkan resiko terkena perapuhan tulang (osteoporosis). Tapi hal ini dapat dikurangi resikonya dengan memperbanyak minu susu atau yoghut untuk mengganti hilangnya kandungan kalsium. Banyak hasil riset yang menyatakan bahwa kafein dapat mengurangi tingkat kesuburan, dan bila diminum pada saat hamil dapat mengakibatkan kelahiran dini atau cacat lahir..
Kafein dapat dihilangkan dari kopi dengan cara mencampur biji kopi yang masih hijau dengan larutan chlorinated hydrocarbon. Kopi instan diperoleh dengan cara mencampur biji kopi yang digiling dan merebusnya dengan air panas. Air rebusan tersebut kemudian diuapkan secara menyemprot dalam tekanan tinggi, yang akhirnya akan meninggalkan bubuk kopi halus. Pada beberapa produksi, biji kopi diganti dengan chicory (sejenis tumbuhan liar), ara, korma, malt, atau jawawut (barley), yang rasanya akan menyerupai rasa kopi asli.
Mesin Espresso pertama diperkenalkan pada tahun 1822 oleh orang Prancis, kemudian disempurnakan dan didistribusikan oleh orang Itali.
Dibutuhkan 42 biji kopi untuk membuat secangkir espresso.
Kopi instan ditemukan oleh Mr. G. Washington pada tahun 1906, seorang Inggris yang hidup di Guatemala.
Kata "cappuccino" berasal dari sebuah kerahiban di abad 16 'Capuchin' ,dimana ketuanya disebut dengan 'cappuccinos'. Cappuccino adalah sebutan untuk secangkir kopi yang dilapisi dengan krim susu.
Kata "Tip" sebenarnya juga ada hubunganya dengan kopi. Berasal dari sebuah kedai kopi kuno di London dimana para pramusajinya mengenakan kotak yang bertuliskan: "To Insure Promptness."

Dimana bendera kebangsaan tidak pernah dihotmati?
Satu-satunya tempat dimana bendera kebangsaan berkibar setiap hari, tidak pernah diturunkan dan dinaikkan, tidak pernah dipasang setengah tiang, dan bahkan tidak pernah dihormati, adalah di bulan.
Bendera yang dimaksud tentu saja bendera Amerika Serikat, negara satu-satunya uang telah mendaratkan umat manusia di bulan. Antara tahun 1969 dan 1972, ada 12 astronot yang berjalan di bulan, menghabiskan 170 jam untuk berjalan sejauh 100 km (lebih dari 60 miles) di permukaan bulan. Para astronot tersebut membawa pulang 400 kilogram (880 pounds) of tanah dan bebatuan, dan 30,000 foto.


Awak pesawat Apollo 17 merupakan manusia terakhir yang mendarat di bulan. Dengan Ronald Evans pada modul komando , Commander Eugene Cernan dan seorang ilmuwan Harrison H. Schmitt mengendarai sejenis kendaraan khusus sejauh 34 km (21 mil) di permukaan bulan. Pada 11 Desember 1972 para awak pesawat tersebut meninggalkan suatu plakat yang bertuliskan: "Disinilah umat manusia menyelesaikan eksplorasi pertamanya di bulan, Desember 1972. Semoga semangat perdamaian darimana kami berasal akan merefleksi ke dalam kehidupan seluruh umat manusia" Cernan adalah orang terakhir yang menjejakkan kakinya di ruang angkasa.


Kalimat terakhir Ucapan pertama yang diucapkan oleh Neil Armstrong pada saat di bulan sangat terkenal, tetapi apakah ucapan terakhir yang diucapkan di bulan?
"Tantangan Amerika saat ini telah mengukir takdir umat manusia di masa depan" - Kapten Eugene Cernan, Misi Apollo 17, 11 Desember 1972.

0 comments: